Jumat, 19 Agustus 2011

KISAH INSPIRATIF PEMBENTUK AKHLAK MULIA



POHON KURMA DAN SURGA

Pada masa Rasulullah, ada dua orang yang bertetangga. Mereka adalah si Miskin dan si Pelit. Suatu ketika, sebutir kurma si Pelit jatuh di halaman rumah si Miskin. Anak si Miskin memungut dan memakannya. Si Pelit melihatnya kemudian, ia mengorek mulut si anak untuk mengambil kurma itu.

Si Miskin mengadu kepada Rasulullah. Rasulullah kemudian menemui si Pelit. “Alangkah beruntungnya kalau kamu menyedekahkan pohon kurma yang buahnya menjuntai kerumah tetenggamu. Allah menggantinya dengan sebatang kurma yang menjuntai ke rumah teteanngamu. Allah menggantinya dengan sebatang pohon kurma disurga nanti,’’ kata beliu .

Si pelit menolak tawaran Rasulullah dengan alas an pohon kurmanya yang menjuntai kehalaman ruamah simiskin itu adalah pohon kurma yang paling subur.

Salah seorang sahabat Rasulullah yang bernama Abu Dahda mendengar ini.

Abu Dahdah mendengar ini. Abu Dahdah segera menemui pemilik pohon kurma,”Saudaraku, tidakkah kamu tetarik dengan tawaran Rasulullah?’’

“Sama sekali tidak,” jawabnya.’’Kalau begitu,maukah kamu menukar pohon kurmamu itu dengan kebunku yang berisi 40 batang pohon kurma yang juga berbuah lebat?’’ Tanya Abu Dahdah .

Si pelit setuju. Setelah pohon kurma itu menjadi milik Abu Dahdah,ia berkata kepada Rasulullah,sekarang pohon kurma itu saya serahkan kepada orang miskin itu.’’

Rasulullah kemudian memberitahu keluarga miskin itu bahwa pohon kurma itu menjadi milik mereka. Betapa bahgianya Mereka menerima pemberian tersebut. Akan tetapi yang paling beruntung adalah Abu Dahdah. Ia akan mendapatkan pohon kurma di surga sebagai ganti pohon kurma yang disedekahkannya itu.

Pesan: Untuk mendapatkan kebahagian si surga,kamu harus berani berkorban sekecil apapun pengorbananmu untuk membahagiakan orang lain, Allah akan membalasnya dengan sebaik-baiknya balasan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar